10 Makhluk Transparan

1. Ghost/Glass Shrimp

 

Nama aslinya adalah Palaemonetes paludosus. Cangkang makhluk ini benar-benar transparan, dan bagian dalam organnya pun kelihatan. Dan kalau udang ini dipelihara di aquarium, bahkan bakal susah diliatnya. Udang sungai ini mendapatkan satu-satunya warna dari makanan yang mereka makan, misalnya warna hijau dari lumut-lumutan atau tanaman yang mereka makan. Kasihannya, mereka sering berada di bagian terbawah rantai makanan dan menjadi santapan utama pada predator.



2. Glasswing Butterfly

 

Dinamakan sesuai dengan penampakan sayapnya yang seperti kaca tembus pandang. Orang-orang Spanyol menyebutnya "espejitos" yang secara harafiah berarti cermin mungil. Kupu-kupu dewasa biasanya bermigrasi sangat jauh dan menempuh jarak lebih dari 12 mil per hari.

3. Tortoise Shell Beetle

 

Tubuh kumbang ini tidak semuanya transparan, tapi punya bagian cangkang yang hampir tembus pandang. Bagian transparan ini digunakan untuk penyamaran dan menunjukkan pola unik yang ada di punggungnya untuk menakut-nakutin predator.

4. Barreleye atau Spook Fish

 

Adalah ikan laut dalam yang ditentukan di kedalaman 1015 m. Kepalanya benar-benr transparan dikarenakan mata ikan ini ada di dalam kepalanya! Mata tersebut digunakan untuk melihat siluet mangsanya di kegelapan. Dan masing-masing mata ini dapat melihat ke arah yang berbeda.

5. Teripang Transparan

 

Sensus Kehidupan Laut menemukan spesies aneh ini (Eypniastes sp.) di Teluk Meksiko. Saat ditemukan, spesimen ini berenang dengan tentakelnya dengan kecepatan 2 cm per menit sambil menyaring sedimen lautan ke dalam mulutnya.

6. Salp

 

Banyak orang yang belum mengetahui tentang makhluk yang satu ini sampai menjumpainya sedang berenang bebas di samudra. Salp adalah makhluk aneh berselaput yang mengambang bebas dengan bentuk seperti selongsong. Salp bergerak dengan cara memompa air melalui tubuhnya untuk mendorongnya maju. Makanan utama salp yaitu fitoplankton.

7. Glass Frog

 

Katak ini cukup mengesankan dengan tubuh berwarna kuning semitransparan. Bila kita mengintip bagian bawah perutnya, maka akan tampak kulit yang benar-benar transparan. Dari jarak dekat dapat dilihat apa saja isi perut katak ini. Ilmuwan percaya bahwa nenek moyang katak ini mengembangkan sistem transparan ini untuk kamuflase. Katak yang termasuk katak pohon ini tinggal di Amerika Tengah dan Selatan.

8. Ubur-Ubur

 

Spesies transparan yang paling umum dan diketahui oleh setiap orang. Senjata unggulan mereka berupa sengat dari tentakel-tentakelnya. Ubur-ubur tidak punya otak, hati, dan tulang. Dan 95% dari tubuh mereka tersusun dari air.

9. Glass Squid

 

Yang satu ini adalah spesies cumi-cumi berbentuk lonjong dengan kulit kasar yang ditutupin tonjolan-tonjolan berbentuk bintang. Mereka punya empatbelas titik yang berpendar di sekitar matanya karena terdapat organ fotofores di sekelilingnya. Tubuh yang transparan membuat mereka sulit terlihat oleh predator. Cumi-cumi ini tinggal di lautan dangkal yang berpencahayaan minim.

10. Crocodile Icefish

 

Ditemukan di perairan bersuhu sangat dingin di Antartika dan sebelah selatan Amerika. Crocodile icefish (Channichthyidae) makan krill (sejenis udang kesil yang hidup di perairan kutub), copepods (krustasea kecil), dan ikan lain. Darah mereka berwarna transparan tanpa hemoglobin dan eritrosit. Metabolisme ikan ini mengandalkan oksigen yang diangkut oleh cairan darah yang menyerapnya langsung dari perairan di sekitarnya dengan mengandalkan kulitnya saja.
Keadaan tanpa hemoglobin ini mengadaptasi lingkungan yang sangat dingin karena perairan kutub punya tingkat oksigen yang lebih banyak dari perairan yang lebih hangat, sehingga mereka tak perlu usaha lebih untuk mengikat oksigen dalam darah.

Sumber